diposkan pada : 12-01-2021 15:29:10

Pandemi virus corona atau Covid-19 memaksa perubahan seluruh aktivitas pembelian pada masyarakat. Termasuk soal produk yang sering dibeli oleh konsumen pada e-commerce.

"Penjualan tertinggi di e-commerce selama pandemi ini yakni obat pelangsing berat badan," ujar aktivis brand lokal, Arto Subiantoro dalam telekonferensi, 

Kemudian, lanjut dia, produk-produk kesehatan juga masih dicari oleh masyarakat. Seperti masker dan lain-lain. Bahkan banyak sekali masker-masker dengan berbagai varian yang bisa dicari.

"Jadi, pertama kita mengalami krisis. Tapi kita memang tidak tinggal diam, harus bisa berinovasi menciptakan peluang usaha. Salah satunya dengan menjual produk kesehatan," ungkap dia.

Selain produk kesehatan, masih banyak produk lain yang bisa dimanfaatkan. Contohnya ada penjual ayam goreng di tengah pandemi ini membuka 16 cabang. Menurutnya berjualan itu harus bisa melihat peluang agar bisa mendapatkan keuntungan

"Misalnya apabila kita punya banyak teman, pasti jualan itu akan lancar. Pasalnya kita tawarkan produk ke teman-teman tersebut. Nantinya ada beberapa teman pasti akan dibeli produk kita," tandas dia.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memprediksi produk-produk Indonesia bisa tumbuh di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Ada beberapa produk yang sudah tumbuh positif hingga saat ini.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, produk yang tumbuh positif ketika pandemi Covid-19 ini, seperti makanan dan minuman olahan. Lalu alat-alat kesehatan, produk pertanian, produk perikanan dan produk agroindustri.